IKUTI
Info Terkini
  • 1 tahun yang lalu / Hilangkan Kejenuhan #DirumahAja Baca Artikel Berita terupdate kami
  • 1 tahun yang lalu / Mohon Maaf , Selain Pandemi Covd19 ini Sementara Kami Tidak Menerima Paket Tour Ke semua Negara
  • 1 tahun yang lalu / Cek Info Jadwal Tour Anda di Link > https://wisataidea.com/jadwal/
Wisata air terjun Coban Tundo Malang Jawa timur

Wisata air terjun Coban Tundo Malang Jawa timur

Oleh : wisataque - Kategori : Wisata Air Terjun / Wisata Malang
26
Apr 2020

Wisata air terjun Coban Tundo Malang Jawa timur  – Hai Sobat Wisata Idea sudah pernah dengerkan Air terjun Coban Tundo, Bagi yang sudah dengar namun penasaran bagaimana gambaran dan situasi di lapangan yuk ikuti artikel kami kami ini :

 Asal Mula Nama Coban Tundo Malang

Coban rondo berawal dari kisah sepasang pengantin yang kala itu barus aja melangsungkan pernikahannya. Sang mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dan sang mempelai pria bernama Baron Kusuma. Dewi Anjarwati berasal dari Gunung Kawi sedangkan Baron Kusuma berasal dari Gunung Anjasmoro.

Setelah usia pernikahan mencapai usia selapan (35 hari), Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Sayangnya, ide perjalanan tersebut tak direstui oleh orang tua Dewi Anjarwati.

Pasalnya, usia pernikahan mereka baru saja mencapai selapan. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Meskipun begitu, pasangan suami-istri ini bersikeras untuk melakukan perjalanan.

Saat sedang menempuh perjalanan, keduanya dikejutkan dengan kehadiran sosok asing. Sosok asing ini ternyata dikenal dengan nama Joko Lelono. Melihat kecantikan Dewi Anjarwati, Joko Lelono tampaknya terpikat sehingga ingin merebutnya dari tangan Baron Kusuma.

Tentunya, Baron tak rela jika istrinya direbut begitu saja oleh Joko Lelono. Akhirnya pertarungan hebat pun tak dapat dihindarkan. Para punakawan yang mengiringi perjalanan pasangan suami-istri tersebut kemudian membawa pergi Dewi Anjarwati untuk bersembunyi. Baron Kusuma berpesan pada para punakawan untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ddi suatu tempat yang memiliki air terjun (coban).

Pertarungan tersebut berujung kematian bagi Baron Kusuma dan Joko Lelono. Karena kematian suaminya, secara otomatis Dewi Anjarwati menjadi rondo (istilah jawa bagi janda). Sejak saat itulah, air terjun tempat persembunyian Dewi Anjarwati dikenal dengan nama Coban Rondo.

Jika kamu berkunjung ke Coban Rondo, kamu akan menemukan sebuah batu besar yang berada di bawah air terjun. Batu tersebut diyakini sebagai tempat duduk sang putri kala itu. Tak hanya berujung penamaan, tapi juga menuai sebuah mitos cinta. Mitos tersebut menyebutkan bahwa siapapun yang datang ke Coban Rondo bersama pasangannya, maka jalinan cintanya tak akan berumur panjang. Ingat Itu hanya Mitos Ya ????

Sumber : https://malang.merdeka.com/pariwisata/menyimak-legenda-cinta-tragis-dibalik-gemuruh-air-coban-rondo-1605258.html

3 Nilai Yang terkandung Coban Tundo ?

  1. Nilai moral : Perkataan orangtua sebaiknya dipatuhi karena orangtua tahu apa yang baik untuk kita. Emosi berakibat buruk bagi kita dan tidak menyelesaikan masalah. Penyesalan selalu datang di akhir. Sehingga, kita perlu berpikir dahulu sebelum bertindak.
  2. Nilai Sosial Budaya : Kepercayaan Jawa yang berupa pantangan seperti sepasang pengantin baru yang belum melaui masa selapan tidak boleh melakukan perjalanan jauh dan Jika dilakukan akan tertimapa marabahaya. Meskipun di zaman modern seperti ini kepercyaan kepercayaan tersebut masih dianut oleh beberapa kalangan masyarakat. Terutrama masyarakat Jawa itu sendiri.
  3. Nilai Agama : Selayaknya seorang istri patuh terhadap suaminya selama tujuannya masih baik. Bentuk bakti seorang anak yang meminta izin dari orangtua dan mau mengambil resiko untuk bertemu orangtua yang telah merawat dan membesarkannya.

Sumber  : https://www.kompasiana.com/lanazukhanitzamaruda/56b9b17bf39273fe17a44231/asal-usul-nama-air-terjun-coban-rondo?page=all

Lokasi Wisata Air Terjun Coban Tundo ?

Lokasi Wisata air terjun Coban Tundo ini berada di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kurang lebih dari kota Malang masih berjarak 130-an Kilometer. Sehingg anda diharapkan bisa sewa rental mobil area malang untuk menuju coban Tundo dan sebisa mungkin berangkat lebih awal bisa di pagi dini hari.

Mengapa Coban Tundo Wajib di Kunjungi ?

 Bagi Ada pecinta traveling dan wisata Alam Coban rundo sangat kami rekomendasikan, karena suguhan pemandangan alam yang sangat indah membuat anda akan terkagum, selain itu Air Terjun Coban Tundo memiliki 3 Bagian dalam satu lokasi yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Perkembangan Wisata Coban Tundo Sampai Saat Ini ?

Coban Tundo atau coban rondo dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti labirin,paint ball, fun tubing, panahan, kereta kelinci, persewaan sepeda gunung dan lainnya. Sehingga untuk sekarang paket wisata family juga sudah bisa digunakan.

Rute Menuju Coban Tundo Apabila ingin Berwisata Sendiri ?

Rute pertama menuju Coban Tundo adalah rute yang melewati Kecamatan Bululawang – Turen, lalu melewati Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah ke Sendang Biru. Sementara dua jalur alternatif lainnya adalah melewati Desa Kendung Banteng, dan Desa Klepu Juga Desa Sukodono, Kecamatan Dampit.

Jalan menuju air terjun di Malang ini sebenarnya nggak terlalu susah dicari. Petunjuk pertama adalah Kantor Kelurahan Sukodono. Karena di dekat kelurahan ini terdapat petunjuk arah jalur menuju Coban Tundo yang dibuat oleh warga sekitar. Dan kalau kalian masih bingung, nanya ke penduduk pasti dikasih tahu deh.

Lanjut~ Setelah kalian menemukan Kantor Kelurahan Sukodono, kalian pasti akan melewati jalan berupa beton yang berakhir pada jalan setapak. Terus saja hingga kalian menemukan tulisan “Tundo 3”. Kalau kalian berhasil menemukan tulisan itu, berarti lokasi air terjun tidak jauh lagi.

Kendaraan roda 4 dan sepeda motor bisa digunakan untuk berlibur ke Coban Tundo. Namun perlu dicatat kendaran roda 4 hanya bisa sampai ke bagian jalan setapak saja. Dari jalan setapak, kalian bisa jalan kaki atau naik ojek hingga sampai ke air terjun (IDR 30.000-50.000). Sementara sepeda motor bisa parkir hingga dekat air terjun.

Jalur setapak menuju Coban Tundo ini memang agak ekstrim, kalian harus berhati-hati jika berkendara dengan sepeda motor disini. Kalau kurang berpengalaman, lebih baik naik ojek saja, tinggal duduk santai. Kira-kira setelah satu jam berkendara melewati jalur setapak, ditambah sedikit jalan kaki, kalian akan sampai di Air Terjun Coban Tundo 1.

Coban Tundo Satu

Foto@hestiindriyanti

Coban Tundo 1 ini adalah air terjun yang lokasinya berada paling atas. Air terjun ini juga yang memiliki cekungan sedalam beberapa meter, yang membuat air terjun ini bisa juga untuk berenang. Sekali lagi, sebaiknya kalian benar-benar bisa berenang kalau mau mencoba berenang disini. Selain itu, jangan sampai terlalu dekat dengan air terjun. Disini juga disewakan ban pelampung untuk kalian yang nggak terlalu bisa berenang.

Coban Tundo Dua

Foto@heru_kristianto1927

Selanjutnya adalah Coban Tundo 2 yang juga berada tak jauh dari air terjun yang pertama. Untuk menuju ke air terjun kedua, kalian masih perlu berjallan sekitar beberapa menit, dan melewati tangga yang tingginya sekitar beberapa meter. Nggak jauh kok, sekalian olahraga gitu. Nanti di ujung, kalian akan dihibur dengan indahnya air terjun Coban Tundo 2 deh.

Diantara ketiga air terjun yang ada disini, kolam di Coban Tundo 2 adalah yang paling dalam. Katanya sih sekitar 7 meter, lebih baik nggak usah berenang disini, apalagi untuk yang kemampuan berenangnya pas-pas-an.

Namun demikian, Coban Tundo 2 ini adalah air terjun yang bisa memacu adrenalin. Karena ada tempat untuk loncat dari atas bebatuan setinggi paling tidak 4-5 meter. Biasanya para penyuka tantangan pasti pengen cobain tuh.

Buat yang nggak berani, mending sih sewa ban pelampung saja, atau duduk di tepi sambil menikmati makanan. Biasanya sih ada yang jual makanan di sekitar air terjun Coban Tundo ini. Toh kalau main ke air terjun kan nggak selalu harus berenang.

Coban Tundo Tiga

Foto@malangsejuk

Nah, sementara itu yang terakhir adalah Coban Tundo 3. Air terjun ini kurang begitu diminati, karena lokasinya berada paling jauh. Paling enggak perlu sekitar 15 menit untuk sampai disana. Cekungan air terjun juga paling kecil dan paling dalam, jadi sebaiknya kalian benar-benar tidak berenang disini. Berbahaya dan tidak ada yang mengawasi!

Tips Berlibur Ke Air Terjun Coban Tundo Malang

  1. Meski kalian bisa menggunakan kendaran roda 4, yang paling fleksibel adalah kedaraan roda dua yang akan bisa mengantarkan kalian hingga sampai dekat air terjun. Pastikan kendaraan roda dua kalian dalam kondisi prima. Jangan lupa cek kondisi ban, rem hingga BBM. Kalau kehabisan BBM di tengah jalan kan bisa bikin repot.
  2. Mengingat jarak Kota Malang ke Coban Tundo ini cukup jauh, sebaiknya kalian berangkat sepagi mungkin. Selain udara lebih segar, dan bisa menghindari macet di perjalanan, kalian bisa sampai di lokasi air terjun lebih awal. Waktu berkunjung di air terjun pun bisa lebih lama.
  3. Selalu waspada dan berhati-hati! Terutama untuk kalian yang ingin berenang dan main loncat-loncatan di air terjun. Ingat, lokasi air terjun berada cukup jauh dari kota. Kalau terjadi apa-apa, menyelamatkan kalian pasti akan perlu waktu bukan? Singkatnya, rumah sakit jauh rek!
  4. Buat kalian yang mau basah-basahan, jangan lupa bawa handuk dan baju ganti ya.
  5. Sebaiknya membawa bekal makan siang sendiri, daripada nanti kalian kelaparan setelah berenang di air terjun.

Sudah, itu saja deh, selamat berlibur ke Air Terjun Coban Tundo Ya ?

Sumaber : https://liburmulu.com/coban-tundo-malang-tiga-air-terjun-keren/

0 Komentar

Video Terbaru

PT.MEDIA IKLAN INDONESIA

SIUP 551.21/3071/I/DISPAR
TDUP 551.21/3071/I/DISPAR
SITU 551.21/3071/I/DISPAR
NPWP 02.798.056.4-903.000
Barcelona Blok D5 NO.10 - 15414

0816 594 596

021-2762 3026